Divisi Marketing

Fitri

Regina

Rumi



PERIZINAN DI SEKTOR KONSTRUKSI

Badan Usaha Jasa Konstruksi Asing (BUJKA)

Badan Usaha Jasa Konstruksi Asing (BUJKA)

Membantu Proses IUJK untuk Perusahaan 100% Saham Asing dengan Mudah & Cepat. Dapatkan Konsultasi Mulai Dari Pendirian Kantor Perwakilan Asing Hingga Menjadi BUJKA - Badan Usaha Jasa Konstruksi Asing

 

 

Proyek infrastruktur sedang dipercepat oleh Pemerintah Indonesia saat ini, Pemerintah pun memberikan kesempatan mudah untuk para investor asing yang ingin ikut serta dalam melakukan pembangunan di Indonesia. Kesempatan mudahnya adalah perusahaan asing yang ingin melakukan pekerjaan konstruksi di Indonesia TIDAK PERLU JOIN VENTURE dalam kepemilikan saham dengan PT Lokal, boleh 100% milik perusahaan asing.

 

Izin apakah jika badan usaha asing ikut dalam kegiatan konstruksi di Indonesia ? 

Layaknya badan usaha nasional harus memiliki Izin Usaha Jasa Konstruksi (IUJK). Khusus untuk badan usaha asing IUJK yang dimaksud dikeluarkan oleh BKPM - Badan Koordinator Penanaman Modal. Jika perusahaan asing ini telah mendapatkan IUJK maka resmi menjadi BUJKA atau Badan Usaha Jasa Konstruksi Asing di Indonesia dan siap melakukan pekerjaan konstruksi atau proyek infrastruktur.

 

Apakah badan usaha asing ini harus merger dengan badan usaha atau PT Lokal ?

Tidak perlu, untuk mendapatkan IUJK sehingga resmi menjadi BUJKA, badan usaha asing tidak diperlukan join venture dengan perusahaan lokal. Namun pada saat BUJKA telah mendapatkan izinnya dan akan menjalankan proyek-proyek Pemerintah maka harus melakukan "Join Operation atau JO" dengan badan usaha lokal PT yang telah memiliki IUJK dengan kualifikasi B1.

 

Bagaimana cara perusahaan asing ini mendapatkan IUJK sehingga resmi menjadi BUJKA dengan mudah ?

Pertama-tama perusahaan asing ini harus memiliki Izin Usaha Jasa Konstruksi dari negara asal, lalu disetarakan di Indonesia. Setelah itu perusahaan asing mendirikan Kantor Perwakilan Asing di Indonesia, dan mengajukan proses IUJK. 

 

Apa dasar hukum perusahaan asing harus memiliki IUJK & Kantor Perwakilan di Indonesia ?

 Peraturan Menteri Pekerjaan Umum RI No. 10/PRT/M/2014. 

 

Apa syarat perusahaan asing mendapatkan IUJK ?

Memiliki Izin Usaha Jasa Konstruksi dari negara asal yang telah di setarakan, memiliki Kantor Perwakilan Asing, memiliki tenaga ahli sesuai bidang, memiliki pengalaman pekerjaan sesuai bidang yang akan dijalankan di Indonesia min Rp. 83.33 Milyar per bidang yang diajukan, dan memiliki SBU - Sertifikat Badan Usaha.

 

syarat finansial :

 

Memiliki kekayaan bersih yang tercantum dalam AKTA BUJKA minimal Rp 50 Milyar atau USD 4 Juta

Melampirkan laporan tahunan atau laporan keuangan untuk 2 (dua) tahun terakhir yang disiapkan oleh Kantor Akuntan Publik negara asal dan disahkan oleh Kedutaan Negara Asal BUJKA di Indonesia. 

 

syarat pengalaman kerja :

 

Memiliki pengalaman dalam pekerjaan konstruksi selama 10 tahun terakhir dengan total nilai kumulatif minimal Rp 250 Milyar atau USD 20 Juta, atau pernah menjalankan pekerjaan konstruksi  selama 10 tahun terakhir dengan nilai tertinggi per sub bidang yang dikerjakan senilai Rp 83,33 Milyar atau USD 6.8 Juta

 

syarat tenaga ahli :

 

Memiliki 1 (satu) orang tenaga ahli teknik sesuai bidang minimal tingkat medium dengan Sertifikat Keahlian atau SKA Ahli Madya dan ditugaskan sebagai Penanggung Jawab Teknik (PJT), 1 (satu) orang tenaga ahli teknik sesuai bidang minimal tingkat medium dengan Sertifikat Keahlian atau SKA Ahli Madya dan ditugaskan sebagai Penanggung Jawab Klasifikasi (PJK) untuk setiap klasifikasi atau bidang.

 

Kualifikasi BUJKA

Setiap perusahaan asing yang melakukan kegiatan konstruksi di Indonesia baik BUJKA atau BUJK PT PMA langsung diberikan Kualifikasi Besar 2 (B2) dengan nilai proyek tidak dibatasi.

 

Klasifikasi BUJKA

BUJKA dapat melakukan pekerjaan konstruksi di Indonesia sebagai Jasa Pelaksana Konstruksi (Kontraktor) atau sebagai Jasa Perencana & Pengawas Konstruksi (Konsultan) atau sebagai Jasa Konstruksi Terintegrasi (EPC). 

 

Jumlah Klasifikasi atau bidang yang diajukan oleh BUJKA agar terdaftar dalam IUJK tidak dibatasi asalkan setiap klasifikasi disertai dengan pengalaman pekerjaan perusahaan dari negara asal dengan nilai proyek min Rp 83,33 Milyar per klasifikasi

 

Tabel Klasifikasi silakan klik disini 

 

Tahap proses Izin Usaha Jasa Konstruksi (IUJK) PT PMA

Melalui Jasa Kami 

 

Pertama kali kami akan mapping kebutuhan perusahaan anda, pekerjaan apa saja yang akan anda jalankan di Indonesia, lalu mendata perusahaan anda apakah termasuk dalam jenis jasa pelaksana konstruksi, pengawas konstruksi atau jasa konstruksi terintegrasi.  

 

Langkah kedua, kami akan mendata apa saja pengalaman pekerjaan  konstruksi perusahaan anda di negara asal, lalu akan dikonversikan dengan tabel klasifikasi konstruksi yang dikeluarkan oleh Lembaga Pengembangan Jasa Konstruksi (LPJK). Penentuan Klasifikasi ini akan menentukan jumlah tenaga ahli yang dibutuhkan.

klik tabel klasifikasi konstruksi disini!

 

Tahapan berikutnya kami akan menginformasikan beberapa tenaga ahli yang dibutuhkan, lulusan apa saja tenaga ahli yang dibutuhkan sesuai dengan pemilihan klasifikasi / bidang pekerjaan dan persyaratan administrasi tenaga ahli agar diterbitkannya Sertifikat Keahlian.

 

Tahapan pengumpulan dokumen dan legalitas perusahaan dari negara asal, laporan keuangan, sertifikat manajemen dan syarat administrasi lainnya. Jika  persyaratan dokumen anda belum sesuai maka layanan kami membantu anda  mengarahkan hingga pengumpulan dokumen persyaratan anda terpenuhi dan layak untuk melakukan registrasi dan sertifikasi. 

 

Dokumen anda siap kami proses untuk mendirikan Kantor Perwakilan, proses sertifikat tenaga ahli dan siap kami masukkan dalam Keanggotaan Asosiasi Perusahaan (KTA) Asosiasi 

 

Selanjutnya adalah tahap yang paling penting untuk perusahaan anda, yaitu mempersiapkan semua dokumen dan legalitas badan usaha anda hingga persyaratan administrasi mulai dari laporan keuangan, perpajakan, tenaga kerja, sistem manajemen, program pelatihan karyawan hingga surat-surat kontrak kerja yang pernah dijalankan sampai dengan BAST - Berita Acara Serah Terima Pekerjaan, akan kami bantu penyusunan dan pemenuhannya hingga dinyatakan siap untuk di verifikasi dan di evaluasi oleh tim Asesor LPJK untuk dinyatakan kompeten dalam menjalankan kegiatan konstruksi di Indonesia, hingga diterbitkannya SBU atau Sertifikat Badan Usaha ter Akreditasi LPJKD atau LPJKN.

Tiap-tiap items persyaratan akan kami bantu penyusunan dan kelayakannya, jika ada beberapa persyaratan yang belum bisa dipenuhi perusahaan maka kami siap membantu memberikan arahan tepat dan bijak agar dokumen lolos dalam proses verifikasi dan evaluasi, hingga terbit Sertifikat Badan Usaha yang akan digunakan untuk pengajuan Izin Usaha Jasa Konstruksi (IUJK).

 

Setelah perusahaan memiliki persyaratan lengkap kelayakan penerbitan IUJK yaitu memiliki sertifikat keahlian / keterampilan dari tenaga ahli perusahaan, telah masuk keanggotaan asosiasi dengan bukti Kartu Tanda Anggota (KTA) Asosiasi, hingga memiliki SBU atau Sertifikat Badan Usaha, maka langkah akhir adalah kami siap registrasi dan sertifikasi Izin Usaha Jasa Konstruksi atau IUJK. Dokumen ini telah kami persiapkan diawal sejak penerimaan dokumen lengkap dari anda, sehingga tidak ada waktu terbuang dengan percuma.

 

 

 

 

 

Manfaat Konsultasi dan Proses Registrasi Sertifikasi Melalui Jasa Kami 

 

Konsultasi langsung melalui kami tentang bidang usaha anda, tender yang akan diikuti, serta biaya dan persyaratan yang dibutuhkan untuk proses Izin Usaha Jasa Konstruksi mulai dari Sertifikat Tenaga Ahli, KTA Asosiasi, SBU hingga terbit IUJK.

 

Dan jangan sampai anda lewatkan, jika deal dengan kami anda akan mendapatkan 1 (satu) tahun gratis informasi tender seluruh Indonesia. Info tender project Silakan klik gambar dibawah ini !