Divisi Marketing

Fitri

Regina

Rumi



PERIZINAN DI SEKTOR KONSTRUKSI

Izin Usaha Jasa Konstruksi PT PMA

Izin Usaha Jasa Konstruksi PT PMA

Anda perusahaan asing PMA Ingin punya IUJK CEPAT Konsultasikan solusinya disini? 

 

Infrastruktur telah menggiatkan para investor lokal maupun asing dalam melakukan kegiatan konstruksi di Indonesia. Tentunya perusahaan jasa Konstruksi lokal maupun asing harus memiliki Izin Usaha Jasa Konstruksi.

 

Persyaratan memiliki IUJK bagi badan usaha asing yang berkedudukan di Indonesia atau PT PMA dan ingin melakukan pekerjaan konstruksi adalah  melakukan Join Venture dengan perusahaan lokal yang sudah memilki Izin Usaha Jasa Konstruksi (IUJK) dengan Kualifikasi B1 dan memiliki pengalaman pekerjaan di proyek yang sesuai dengan bidang yang akan dijalankan.

 

Sejak tahun 2009, kami menangani klien asing yang melakukan join venture dengan perusahaan lokal dan selanjutnya menjalankan bisnis di sektor konstruksi.  Banyak sekali perusahaan asing yang sudah berkedudukan di Indonesia ini ingin melakukan pekerjaan konstruksi namun kepemilikan saham perusahaan belum sesuai ketentuan dan persyaratan yang berlaku khusus untuk PT PMA.

 

Kenapa PT PMA harus join venture dengan PT Lokal untuk menjalankan kegiatan konstruksi di Indonesia ?

 

Karena perusahaan asing harus bisa bekerjasama dengan perusahaan lokal, selama melakukan pekerjaan akan ada alih teknologi dari tenaga ahli expatriate ke tenaga ahli lokal. Hal ini mengacu pada PerMen PUPR RI No. 03/PRT/M/2016. 

 

Berapa komposisi saham yang dipersyaratkan untuk tiap - tiap share holder?

 

Komposisi saham PT PMA adalah saham Asing maksimal 67% dan saham PT Lokal B1 minimal 33% (untuk perusahaan Jasa Pelaksana) dan saham Asing Maksimal 55% dengan PT Lokal B1 minimum 45% (untuk perusahaan Jasa Perencana atau Pengawas dan perusahaan Jasa Konstruksi Terintegrasi). 

 

Bisakah PT PMA yang shareholdernya adalah perusahaan Asing join venture dengan Individu WNI lokal ? 

 

Tidak bisa, kerena ketentuan join venture untuk PT PMA yang menjalankan kegiatan konstruksi adalah perusahaan asing dengan perusahaan lokal (PT Lokal) yang sudah berpengalaman dibidang konstruksi dan memiliki Sertifikat Badan Usaha (SBU), Ijin Usaha Jasa Konstruksi (IUJK) kualifikasi Besar 1 (B1). 

 

Apakah jenis konstruksi yang anda lakukan?

Kegiatan konstruksi di Indonesia, baik perusahaan lokal maupun asing terbagi menjadi 3 jenis, yaitu : 

1. Usaha Jasa Pelaksana Konstruksi (Kontraktor)

2. Usaha Jasa Perencana / Pengawas Konstruksi (Konsultan)

3. Usaha Jasa Konstruksi Terintegrasi

 

Bagaimanakah penentuan kualifikasi Izin Usaha Jasa Konstruksi (IUJK) ini untuk PT PMA ?

 

Kualifikasi usaha yang bisa diberikan kepada PT PMA adalah langsung mendapatkan kualifikasi Besar 1 (B1). 

 

Masih banyak pertanyaan dari klien - klien kami seputar Ijin Usaha Jasa Konstruksi (IUJK) untuk PT PMA, silahkan konsultasikan langsung agar perusahaan anda dapat menjalankan kegiatan konstruksi di Indonesia dengan cepat, dan sesuai Undang - Undang dan peraturan yang berlaku. 

 

 

 

 

Tahap proses Izin Usaha Jasa Konstruksi (IUJK) PT PMA melalui jasa kami

 

Pertama kali marketing profesional kami akan mapping kebutuhan perusahaan anda lalu mendata perusahaan anda apakah termasuk dalam jenis jasa pelaksana konstruksi, pengawas konstruksi atau jasa konstruksi terintegrasi.  Legalitas perusahaan yang sudah anda miliki perusahaan, jika ketentuan join venture telah sesuai maka lanjut ketahap berikut. 

 

Marketing kami akan mengarahkan anda dalam menentukan klasifikasi /bidang subbidang yang dijalankan perusahaan atau tender proyek konstruksi yang akan anda ikuti disesuaikan dengan tabel klasifikasi konstruksi. Penentuan Klasifikasi ini akan menentukan jumlah tenaga ahli yang dibutuhkan.

klik tabel klasifikasi konstruksi disini!

 

Tahapan berikutnya kami akan menginformasikan beberapa tenaga ahli yang dibutuhkan, lulusan apa saja tenaga ahli yang dibutuhkan sesuai dengan pemilihan klasifikasi / bidang pekerjaan dan persyaratan administrasi tenaga ahli agar diterbitkannya Sertifikat Keahlian.

 

Tahapan pengumpulan dokumen persyaratan perusahaan mulai dari AKTA - Tanda  Daftar Perusahaan (TDP), laporan keuangan, sertifikat manajemen dan syarat administrasi lainnya. Jika dalam perusahaan persyaratan dokumen anda yang belum sesuai maka layanan kami membantu ana hingga pengumpulan dokumen persyaratan anda terpenuhi dan layak untuk melakukan registrasi dan sertifikasi. 

Proses masuk Keanggotaan Asosiasi Perusahaan (KTA) Asosiasi 

 

Selanjutnya adalah tahap yang paling penting untuk perusahaan anda, yaitu mempersiapkan semua dokumen dan legalitas badan usaha anda hingga persyaratan administrasi mulai dari laporan keuangan, perpajakan, tenaga kerja, sistem manajemen, program pelatihan karyawan hingga surat-surat kontrak kerja yang pernah dijalankan sampai dengan BAST - Berita Acara Serah Terima Pekerjaan, akan kami bantu penyusunan dan pemenuhannya hingga dinyatakan siap untuk di verifikasi dan di evaluasi oleh tim Asesor LPJK untuk dinyatakan kompeten dalam menjalankan kegiatan konstruksi di Indonesia, hingga diterbitkannya SBU atau Sertifikat Badan Usaha ter Akreditasi LPJKD atau LPJKN.

Tiap-tiap items persyaratan akan kami bantu penyusunan dan kelayakannya, jika ada beberapa persyaratan yang belum bisa dipenuhi perusahaan maka kami siap membantu memberikan arahan tepat dan bijak agar dokumen lolos dalam proses verifikasi dan evaluasi, hingga terbit sertifikasi.

 

Setelah perusahaan memiliki persyaratan lengkap kelayakan penerbitan IUJK yaitu memiliki sertifikat keahlian / keterampilan dari tenaga ahli perusahaan, telah masuk keanggotaan asosiasi dengan bukti Kartu Tanda Anggota (KTA) Asosiasi, hingga memiliki SBU atau Sertifikat Badan Usaha, maka langkah akhir adalah kami siap registrasi dan sertifikasi Izin Usaha Jasa Konstruksi atau IUJK. Dokumen ini telah kami persiapkan diawal sejak penerimaan dokumen lengkap dari anda, sehingga tidak ada waktu terbuang dengan percuma.

 

Penilaian penting dalam pengajuan IUJK selain syarat mutlak diatas adalah domisili perusahaan, harus berdomisili di wilayah perkantoran atau Zona Hijau, memiliki SPPL atau Surat Pengelolaan dan Pengendalian Lingkungan dan UUG atau Undang-Undang Gangguan. Jika anda menyewa tempat usaha bisa memintakan kepada pemilik gedung untuk UUG dan SPPL serta surat sewa tempat usahanya, dan jika anda memiliki gedung itu sendiri maka wajib memiliki IMB, UUG dan SPPL atas nama sendiri.

 

 

 

Manfaat Konsultasi dan Proses Registrasi Sertifikasi Melalui Jasa Kami 

 

Konsultasi langsung melalui kami tentang bidang usaha anda, tender yang akan diikuti, serta biaya dan persyaratan yang dibutuhkan untuk proses Izin Usaha Jasa Konstruksi mulai dari Sertifikat Tenaga Ahli, KTA Asosiasi, SBU hingga terbit IUJK.

 

Dan jangan sampai anda lewatkan, jika deal dengan kami anda akan mendapatkan 1 (satu) tahun gratis informasi tender seluruh Indonesia. Info tender project Silakan klik gambar dibawah ini !