Divisi Marketing

Fitri

Regina

Rumi



PERIZINAN DI SEKTOR KONSTRUKSI

IUJK - Izin Usaha Jasa Konstruksi

IUJK - Izin Usaha Jasa Konstruksi

Anda Butuh Izin Usaha Jasa Konstruksi SEGERA ? Kami siap membantu anda, silakan hubungi kami untuk konsultasi solusinya yes

 

Kenapa harus membuat IUJK ?

Karena perusahaan yang melakukan kegiatan konstruksi di Indonesia wajib memliki Izin Usaha Jasa Konstruksi, ini sesuai dengan UU yang mengatur kegiatan konstruksi ini yaitu Undang Undang No. 2 Tahun 2017 tentang Jasa Konstruksi. Perusahaan yang telah memperoleh IUJK, akan resmi menjadi BUJK atau Badan Usaha Jasa Konstruksi.

 

Nah, bagaimana cara memperoleh IUJK tersebut ? 

Caranya ada beberapa hal dan tahapan yang harus dipenuhi, yaitu harus menyiapkan dokumen administrasi dan legalitas secara lengkap dan benar. 

 

Lalu bagaimana  kalau ada dokumen persyaratan yang tidak lengkap bahkan tidak benar sesuai dengan yang dipersyaratkan ?

Maka kami akan membantu melalui konsultasi dan pendampingan, guna memperbaiki /melengkapi aneka persyaratan dokumen tersebut, sehingga sesuai dengan yang dipersyaratkan dalam ketentuan dan perundangan yang berlaku

 

Apakah Jenis Kegiatan Konstruksi Yang Anda Lakukan ?

Ada 3 kegiatan konstruksi di Indonesia yaitu : Usaha Jasa Pelaksana Konstruksi (Kontraktor), Usaha Jasa Perencana & Pengawas Konstruksi (Konsultan) dan Usaha Jasa Konstruksi Terintegrasi (EPC).

 

Masuk Jenis Badan Usaha Apakah Perusahaan Anda ?

Dalam melayani seluruh klien kami, tentunya kami harus mapping jenis badan usaha klien. Terutama dalam pengajuan proses Izin Usaha Jasa Konstruksi. Hal in disebabkan pemberian IUJK kepada BUJK memiliki ketentuan masing-masing sesuai jenisnya. Nah, untuk itu kenalilah terlebih dahulu jenis badan usaha anda masuk dalam jenis badan usaha yang mana agar disesuaikan dengan bidang usaha yang akan diajukan dan persyaratan yang harus dipenuhi.

 

 

 

Jenis BUJK atau Badan Usaha Jasa Konstruksi, terbagi menjadi :

1. BUJKN atau Badan Usaha Jasa Konstruksi Nasional

 

Perusahaan yang disebut BUJKN disini karena kepemilikan sahamnya adalah  100% saham dalam negeri. Kepemilikan saham ini dapat digunakan dan bersumber dari Pemerintah Daerah, BUMN, BUMD, Perusahaan Swasta Non PMA, dan Warga Negara Indonesia. Bentuk badan usaha BUJKN dapat berupa badan usaha yang berbadan hukum atau tidak berbadan hukum, seperti bentuk Perseroan Terbatas (PT), Perseroan Komanditer (CV).

 

2. BUJKA atau Badan Usaha Jasa Konstruksi Asing  Info lengkap klik disini! 

 

Perusahaan yang disebut sebagai BUJKA adalah perusahaan yang kepemilikan sahamnya 100% saham asing dan memiliki kantor perwakilan saja di Indonesia. BUJKA yang di izinkan melakukan kegiatan konstruksi di Indonesia tentu BUJKA yang telah berpengalaman di negaranya lalu diterapkan di Indonesia dengan bidang yang sama.

 

3. BUJK PMA atau Badan Usaha Jasa Konstruksi PT PMA Info lengkap klik disini!

 

Perusahaan yang disebut sebagai BUJK PMA adalah perusahaan yang kepemilikan sahamnya max. 67% saham asing dan  min. 33% saham PT Lokal. Ketentuan mutlak untuk BUJK PMA adalah perusahaan lokal sebagai salah satu shareholder dalam PT PMA ini harus sudah memiliki IUJK dengan kualifikasi Besar (B1), tentunya sudah memiliki pengalaman pekerjaan sesuai bidang yang akan dijalankan oleh PT PMA.

 

Dalam kenyataannya, banyak sekali klien kami yang sudah menjadi PT PMA tapi belum sesuai ketentuan untuk melakukan kegiatan konstruki, yaitu merger dengan badan usaha lokal (PT Lokal) yang belum pernah memiliki IUJK dengan kualifikasi Besar 1 (B1), bahkan banyak juga yang belum berpengalaman menjalankan proyek konstruksi sesuai bidang.

 

Disinilah peran aktif kami dalam mengarahkan badan usaha anda agar anda dapat menjalankan kegiatan konstruksi di Indonesia sesuai dengan ketentuan dan regulasi yang berlaku.

 

 

 

Kami bantu anda mengajukan proses Izin Usaha Jasa Konstruksi hingga terbit sertifikasi dan teregistrasi LPJKD/LPJKN

 

Bagaimana Kualifikasi & Klasifikasi Perusahaan Konstruksi Itu ?

Banyak diantara klien kami yang masih simpang siur tentang kualifikasi badan usaha yang dipersyaratkan dengan kualifikasi badan usaha yang dimiliki. Jika anda mengikuti tender, maka dalam tender tersebut menyebutkan nilai pagu proyek, tentu jelas tender tersebut diperuntukkan bagi badan usaha yang berkualifikasi sesuai range nilai proyek. Dalam kata lain, kualifikasi Konstruksi inilah yang akan membedakan kemampuan suatu badan usaha dalam menjalankan kegiatan konstruksi. Untuk itu, klien akan kami arahkan pengajuan Izin Usaha Jasa Konstruksi berdasarkan kemampuan perusahaan dalam mengikuti tender dan menjalankan proyek.

 

Kualifikasi Untuk BUJKN

Pemberian kualifikasi konstruksi ini juga melihat kepada jenis usaha perusahaan dalam melakukan kegiatan konstruksi dan mengikuti ketentuan-ketentuan yang ditetapkan. Silakan klik link disini untuk mengetahui penetapan dan persyaratan kualifikasi usaha jasa konstruksi.

Berikut adalah pemberian Kualifikasi kepada 3 (tiga) jenis usaha konstruksi :

 

 JASA PELAKSANA KONSTRUKSI  (KONTRAKTOR)

 

BUJKN dapat melaksanakan kegiatan usaha konstruksinya dengan kualifikasi K1, K2, K3, M1, M2, B1 dan B2

 JASA PERENCANA & PENGAWAS KONSTRUKSI    (KONSULTAN)

 

BUJKN dapat melaksanakan kegiatan usaha konstruksinya dengan kualifikasi K1, K2, K3, M1, M2, B1 dan B2

 J ASA KONSTRUKSI TERINTEGRASI  (EPC)

 

BUJKN dapat melaksanakan kegiatan usaha konstruksinya hanya dengan kualifikasi B1 dan B2

 

 

Klasifikasi Untuk BUJKN

Perusahaan yang akan melakukan kegiatan konstruksi tentu memiliki kemampuan kerja sesuai bidangnya. Bidang usaha di sektor konstruksi ini sangat banyak dan luas. Tidak semua bidang yang dapat dijalankan oleh perusahaan. Contohnya jika anda membangun gedung saja, sudah melibatkan beberapa bidang seperti, bidang bangunan gedung (arsitektur), bidang pekerjaan Sipil (pondasi, beton, dll), bidang Mekanikal (pasang AC, pipa air plumbing, dll), bidang Elektrikal (pasang jaringan listrik, distribusi, jaringan telp & distribusi dll).

 

Melalui jasa kami, anda akan kami tuntun dalam menentukan bidang atau klasifikasi sesuai pekerjaan anda dan sesuai dengan tender proyek yang akan anda ikuti. 

Silakan klik link pemilihan bidang atau Klasifikasi disini !

 

 

Tahapan Proses IUJK Untuk BUJKN

 

Marketing kami akan mendata perusahaan anda mulai dari jenis pekerjaan yang anda kerjakan selama ini dan yang akan dikerjakan, sehingga bisa ditentukan jenis usaha konstruksi apa perusahaan anda, apakah anda sebagai KONTRAKTOR ? atau perusahaan Jasa Pelaksana Konstruksi ? atau anda sebagai KONSULTAN atau perusahaan Jasa Perencana atau Pengawas Konstruksi ? atau anda sebagai perusahaan Jasa Konstruksi Terintegrasi ? 

 

Data perusahaan anda pun akan kami bantu dalam menentukan kualifikasi perusahaan anda masuk pada kualifikasi mana sesuai dengan usaha jasa konstruksi yang dijalankan, kecuali perusahaan asing (BUJKA) dan PT PMA (BUJK PMA) yang secara langsung diberikan kualfikasi Besar 2 (B2) dengan nilai pengalaman pekerjaan sesuai ketentuan.

 

Dari hasil mapping atau pemberian data perusahaan anda, maka kami akan bantu menentukan dan mengarahkan jenis Klasifikasi atau bidang apa saja yang anda jalankan sesuai dengan kode sub bidang atau klasifikasi konstruksi dan tender proyek yang akan anda ikuti

 

Tahap berikutnya kami akan informasikan tentang berapa banyak tenaga ahli yang dibutuhkan, lulusan apa saja tenaga ahli yang dibutuhkan sesuai dengan pemilihan klasifikasi anda, apa syarat-syarat yang harus dipenuhi dari tenaga ahli untuk mendapatkan sertifikasi keterampilan atau keahlian yang dibutuhkan perusahaan, lalu asosiasi apa yang sesuai dengan badan usaha anda atau klasifikasi yang dipilih, bagaimana pemenuhan persyaratannya. Semua itu akan kami bantu hingga pengumpulan dokumen persyaratan anda terpenuhi dan layak untuk melakukan registrasi dan sertifikasi.

 

Selanjutnya adalah tahap yang paling penting untuk perusahaan anda, yaitu mempersiapkan semua dokumen dan legalitas badan usaha anda hingga persyaratan administrasi mulai dari laporan keuangan, perpajakan, tenaga kerja, sistem manajemen, program pelatihan karyawan hingga surat-surat kontrak kerja yang pernah dijalankan sampai dengan BAST - Berita Acara Serah Terima Pekerjaan, akan kami bantu penyusunan dan pemenuhannya hingga dinyatakan siap untuk di verifikasi dan di evaluasi oleh tim Asesor LPJK untuk dinyatakan kompeten dalam menjalankan kegiatan konstruksi di Indonesia, hingga diterbitkannya SBU atau Sertifikat Badan Usaha ter Akreditasi LPJKD atau LPJKN.

Tiap-tiap items persyaratan akan kami bantu penyusunan dan kelayakannya, jika ada beberapa persyaratan yang belum bisa dipenuhi perusahaan maka kami siap membantu memberikan arahan tepat dan bijak agar dokumen lolos dalam proses verifikasi dan evaluasi, hingga terbit sertifikasi.

 

Setelah perusahaan memiliki persyaratan lengkap kelayakan penerbitan IUJK yaitu memiliki sertifikat keahlian / keterampilan dari tenaga ahli perusahaan, telah masuk keanggotaan asosiasi dengan bukti Kartu Tanda Anggota (KTA) Asosiasi, hingga memiliki SBU atau Sertifikat Badan Usaha, maka langkah akhir adalah kami siap registrasi dan sertifikasi Izin Usaha Jasa Konstruksi atau IUJK. Dokumen ini telah kami persiapkan diawal sejak penerimaan dokumen lengkap dari anda, sehingga tidak ada waktu terbuang dengan percuma.

 

Penilaian penting dalam pengajuan IUJK selain syarat mutlak diatas adalah domisili perusahaan, harus berdomisili di wilayah perkantoran atau Zona Hijau, memiliki SPPL atau Surat Pengelolaan dan Pengendalian Lingkungan dan UUG atau Undang-Undang Gangguan. Jika anda menyewa tempat usaha bisa memintakan kepada pemilik gedung untuk UUG dan SPPL serta surat sewa tempat usahanya, dan jika anda memiliki gedung itu sendiri maka wajib memiliki IMB, UUG dan SPPL atas nama sendiri.

 

 

 

Manfaat Konsultasi dan Proses Registrasi Sertifikasi Melalui Jasa Kami 

 

Konsultasi langsung melalui kami tentang bidang usaha anda, tender yang akan diikuti, serta biaya dan persyaratan yang dibutuhkan untuk proses Izin Usaha Jasa Konstruksi mulai dari Sertifikat Tenaga Ahli, KTA Asosiasi, SBU hingga terbit IUJK.

 

Dan jangan sampai anda lewatkan, jika deal dengan kami anda akan mendapatkan 1 (satu) tahun gratis informasi tender seluruh Indonesia. Info tender project Silakan klik gambar dibawah ini !